upacara TMMD

Siswa MTsN 8 Bantul Ikuti Apel Pembukaan dan Penutupan TMMD Tahap 3 Kodim Bantul Tahun 2023

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Sebanyak 20 siswa MTsN 8 Bantul ikut serta dalam apel penutupan Operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap 3 tahun 2023 di Kabupaten Bantul, Kamis (19/10/2023). Kegiatan apel dilaksanakan di Lapangan Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo dihadiri Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih, Lc dan jajaran Forkopimda Bantul. Bertindak selaku Komandan Apel Komandan Kodim 0729 Bantul, Letkol Inf. Arif Hermad, SIP, MM. Peserta apel diantaranya terdiri dari anggota polisi, satpol pp, kelurahan, siswa SD, siswa MTs, dan ASN kalurahan terdiri sekitar 20 peserta.

Kegiatan TMMD dilaksanakan selama sebulan mulai 20 September hingga 19 Oktober. Pada saat pembukaan yang dilaksanakan Rabu, (20/09) di tempat sama, bertindak sebagai Komanda Apel Bupati Bantul. Siswa MTsN 8 Bantul mengikuti pembukaan dari awal hingga akhir. Wakaur Kesiswaan Munawar, S.Pd.MA dan Pembina OSIS Joko Purwanto, S.Pd ikut mendampingi siswa mengikuti apel.

upacara TMMD
Sejumlah 20 siswa siswi MTs N 8 Bantul mengikuti upacara penutupan TMMD dengan didampingi Wakaur Kesiswaan Munawar, S.Pd.MA dan Pembina OSIS Joko Purwanto, S.Pd

Kegiatan TMMD dilaksanakan di Dusun Tangkil dan Dusun Gunung Cilik dilaksanakan setiap hari oleh total 115 orang dengan rincian 40 anggota TNI Kodim Bantul, 5 anggota Polres Bantul, 5 pegawai Pemda Bantul, 10 orang Linmas, dan masyarakat sebanyak 55 orang. Pelaksanaan TMMD dapat menghemat biaya sebesar Rp.51.700.000 karena jika dikerjakan oleh pemborong akan menghabiskan Rp. 521.700.000.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembukaan jalan panjang 300M, lebar 4M, pembuatan jalan makadang panjang 300M, lebar 3M, talut jalan 54M, tinggi 1M, corblok panjang 200M, lebar 3M, tebal 12CM, rumah tinggal layak huni (RTLH) 1 unit, jambanisasi 1 unit. Selanjutnya terlaksana juga over prestasi berupa corblok jalan panjang 30M, lebar 3M, tebal 12CM, pembuatan talut panjang 56M, lebar 1M, pengerasan jalan makadang panjang 50M, lebar 3M. Selain pekerjaan fisik, juga dilaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan terkait wawasan kebangsaaan, bidang kesehatan, dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Munawar mengucapkan terima kasih kepada siswa MTsN 8 Bantul yang telah mengikuti apel pembukaan dan penutupan TMMD dengan baik dan penuh tanggung jawab. Joko menyampaikan hal senada bahwa siswa yang dikirim mengikuti apel dengan tertib dan baik. “Terima kasih kepada semua siswa yang telah melaksanakan tugas untuk mengikuti apel pembukaan dan penutupan TMMD dengan baik” kata Joko. “Semoga semangat kalian untuk berdarma kepada madrasah melalui ikut dalam semua kegiatan diluar madrasah dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya” pungkasnya. Setelah selesai mengikuti apel, semua siswa kembali ke madrasah dan mengikuti kegiatan pembelajaran kembali (jkp).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares