MTsN 8 Bantul Sukses Gelar ANBK 2021

Bantul (MTsN 8 Bantul) – MTsN 8 Bantul sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa kelas VIII selama 2 hari yaitu Senin (4-10-2021) dan Selasa (5-10-2021). Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tersebut dilaksanakan di Lab TIK MTsN 8 Bantul dengan total peserta sejumlah 45 siswa terbagi dalam 3 sesi. Adapun sesi I digelar pukul 07.30 – 09.30, sesi II pukul 10.30 – 12.30 dan sesi III pukul 14.00 – 16.00. Mata pelajaran yang diujikan di hari I yaitu literasi dan survey karakter dan hari II yaitu Numerasi dan survey lingkungan belajar. Pengawas ruang dilaksanakan oleh pengawas silang se-Pokja Kapanewon Dlingo yaitu Kuncoro Noor Pamungkas, S.Pd. dari SMPN 2 Dlingo di hari I dan Susanto. SKM dari MTs Ma’arif Dlingo di hari II.

Slamet Sadiatun, S.Pd. selaku proktor MTsN 8 Bantul didampingi Nur Wahib selaku teknisi menyampaikan pelaksanaan ANBK berjalan dengan baik dan lancar. Tidak ada kendala berarti yang dialami siswa selama pelaksanaan ANBK digelar baik hari I maupun II. “Berbagai persiapan sudah kami lakukan sejak dini dan antisipasi permasalahan yang mungkin timbul juga sudah kami pikirkan diantaranya meminjam genset jika terjadi kendala listrik seperti padam” ungkap Sadiatun. “Siswa kelas VIII juga sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan sering mengikuti try out sehingga harapan kami tidak ada kendala human factor saat pelaksanaan ANBK” imbuh Sadiatun.

 

 

Sehubungan dengan pelaksanaan ANBK tahun 2021 yang masih dalam situasi pandemi covid-19, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan tertib. Sebelum masuk ruang LAB TIK, siswa diwajibkan memakai masker, cuci tangan, dan diukur suhu tubuh. Jika memenuhi syarat usai dicek, siswa diizinkan mengikuti ANBK. Kursi tempat duduk siswa dan CPU juga diatur dengan jarak cukup longgar sesuai aturan protokol kesehatan. “Mudah-mudahan upaya maksimal madrasah untuk menerapan protokol kesehatan ini tidak membuat cluster baru di madrasah ini” harap Sadiatun.

Kepala MTsN 8 Bantul, H. Sugiyono, S.Pd. mengungkapkan MTsN 8 Bantul telah mengupayakan pelaksanaan ANBK berjalan baik dan lancar. Hal ini merupakan komitmen madrasah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi siswa. Selain itu, sebagai bentuk dukungan penuh program Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul maupun propinsi dan pusat. “Dengan hadir dan turut serta siswa yang masuk daftar merupakan bentuk komitmen nyata kami baik siswa maupun guru dalam mensukseskan ANBK. Hasil ANBK tentu akan dipergunakan oleh Kemendiknas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pertimbangan dalam mementukan kebijakan kedepan” tutur Sugiyono. Sebelum pelaksanaan ANBK, Sugiyono memberikan pengarahan singkat kepada siswa. Hal ini dimaksudkan siswa semakin termotivasi dan lebih siap mengikuti ANBK. (jkp)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares