upacara supmah pemuda

Siswa MTsN 8 Bantul Ikuti Upacara Sumpah Pemuda 2023 di Kapanewon Dlingo

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Guru, pegawai, dan 19 perwakilan siswa MTsN 8 Bantul ikuti Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Lapangan Upacara Kantor Kapanewon Dlingo, Sabtu (28/10/2023). Upacara bendera juga diikuti berbagai elemen di lingkup Kapanewon Dlingo seperti ASN, organisasi masyarakat, pemuda, pelajar, pegawai kalurahan dan kapanewon. Bertindak sebagai inspektur upacara Panewu Anom Dlingo, Marji Hidayat, S.IP dan Komandan Upacara Supriyanto dari Banser.

Petugas upacara bendera lebih banyak melibatkan unsur pemuda di lingkup Kapanewon Dlingo seperti pelajar, Karang Taruna, GP Ansor, dan Pemuda Pancasila. Tampil sebagai petugas pengibar bendera merah putih siswa SMKN 1 Dlingo dan SKM Pembangunan Dlingo. Huswatun Khasanah dari Kapanewon Dlingo bertugas sebagai pembaca teks keputusan kongres pemuda Indonesia tahun 1928.

upcara sumpah pemuda
Guru, pegawai, dan 19 perwakilan siswa MTsN 8 Bantul ikuti Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Lapangan Upacara Kantor Kapanewon Dlingo, Sabtu (28/10/2023).

Marji Hidayat dalam amanat menyampaikan pidato sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Tema yang diusung pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 adalah Bersama Majukan Indonesia dengan logo HSP ke-95 dengan makna membentuk stilasi barisan manusia menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Kepala MTsN 8 Bantul, H.Sugiyono, S.Pd menyampaikan keterlibatan guru, pegawai, dan siswa merupakan bentuk dukungan nyata terhadap program Kapanewon Dlingo dan pemerintah. Hal senada juga diungkapkan Pembina OSIS Joko Purwanto, S.Pd yang turut mendampingi siswa. Menurutnya madrasah selalu mendukung program Kapanewon khususnya melibatkan siswa dalam upacara bendera hari besar nasional. “Kami selalu mengirimkan guru, pengawai, dan siswa sebagai peserta upacara jika diminta oleh pihak luar seperti Kapanewon dan kami sering menurunkan pengurus OSIS ditambah beberapa siswa pilihan” kata Joko. Upacara berlangsung sekitar 70 menit dan dilaksanakan dengan tertib dan lancar. Beberapa guru, pegawai, dan siswa MTsN 8 Bantul menggunakan waktu luar usai upacara untuk berpose di depan pintu masuk Kantor Kapanewon Dlingo (jkp).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares