MTsN 8 Bantul Sukses Gelar PTS 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 Dengan JMD

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 MTsN 8 Bantul selama 8 hari mulai Senin (6/3) hingga Selasa (14/3) berjalan sukses tanpa hambatan yang berarti. PTS dilaksanakan oleh siswa kelas 7,8,9 total 6 rombel terbagi menjadi 6 ruang penilaian dengan menggunakan website Jogja Madrasah Digital (JMD). Website JMD merupakan sarana pembelajaran online melalui HP buah kreatifitas dan pengembangan Bidang Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DIY dengan pihak pengembang.

Pada PTS berbasis JMD tersebut, siswa mengerjakan PTS menggunakan Mobile Phone atau Hand Phone (HP) dengan masuk menggunakan akun masing-masing siswa terdiri dari e-mail dan password. Setiap hari siswa diberikan PIN soal yang berbeda-beda oleh pengawas ruang di setiap ruang PTS. Seluruh guru pembuat soal menggunakan fitur terbaru dari JMD yaitu Safe Mode (SM). Sepekan sebelum PTS dilaksanakan, siswa diminta mendownload dan menginstal aplikasi SM.  Pada saat soal diunggah, soal diseting SM. Dengan setingan ini maka siswa hanya dapat membuka tampilan depan (dashboard) JMD tanpa bisa membuka dashboard yang lain. Dengan car aini, siswa tidak akan bisa membuka google atau mesin pencari yang lain untuk mencari jawaban atau terjemahan soal dan pilihan jawaban.

Waka kurikulum Drajad Hadi Wibowo, S.Pd menjelaskan terdapat 16 mata pelajaran dibagi menjadi 8 hari. Jam pertama PTS dimulai pukul 07.30 – 09.00 dan jam kedua pukul 09.30 – 10.45 WIB. Semua soal dibuat dan diunggah oleh guru di JMD dan diberi PIN serta HP siswa di seting SM. Joko Purwanto, S.Pd selaku anggota panitia menyampaikan bawa panitia sudah mengupayakan cara agar siswa bisa mengerjakan secara mandiri tanpa bantuan media atau peserta lain dengan pengawas ruang dan fitur SM. “Kami panitia terus mengikuti perubahan fitur dalam JMD dan segera menggunakan jika mendukung pelaksanaan PTS salah satunya dengan fitur Safe Mode” katanya. “Dengan fitur ini, siswa tidak akan bisa membuka window lain seperti google sehingga siswa bisa mencari jawaban jawaban soal atau menterjemahkan dengan translator” imbuhnya. Dengan cara ini, hasil PTS lebih murni dibanding sebelum menggunakan fitur SM.

Kepala MTsN 8 Bantul H.Sugiyono, S.Pd disela kesibukan menyampaikan bahwa penggunaan JMD pada PTS 2 tahun pelajaran 2022/2023 merupakan bukti otentik MTsN 8 Bantul terus mendukung program inovasi Bidang Dikmad Kanwil Kemenag DIY dimana hal tersebut sangan selaras dengan perkembangan inovasi pembelajaran. “Kami juga ingin membuktikan bahwa lokasi madrasah kami terletak di pegunungan Muntuk Kapanewon Dlingo tidak menjadi alasan untuk tidak menggunakan JMD karena kehadiran JMD memang tepat untuk pembelajaran masa kini dimana jejak kegiatan pembelajaran bisa dipantau” ungkap Sugiyono. “Pihak pengembang JMD juga terus mengembangkan fitur setelah mendapat masukan dari user diantaranya fitur Safe Mode” imbuhnya. Pada PTS 2 ini, bagi siswa yang tidak bisa mengikuti karena sakit diberi jadwal susulan mulai Rabu (15/3/2023) (jkp).

12 thoughts on “MTsN 8 Bantul Sukses Gelar PTS 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 Dengan JMD”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares